Polling

Menurut Anda, Bagaimana Pelayanan Aparatur Desa Lingga Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim saat ini ?


Hasil

Statistik Pengunjung


Pengunjung Hari ini : 61
Pengunjung Bulan ini : 111
Total Pengunjung : 1320

Produk Unggulan

BUDIDAYA IKAN AIR TAWAR MENDAPATKAN PENGHASILAN CUKUP MENGGIURKAN


Di Desa Lingga, selain sektor pertanian. Sektor apa yang menjadi potensi desa?

 

        Beberapa orang didesa desa mengembangkan budidaya ikan lele. Kelompok pembudidaya ikan Desa Lingga memiliki kegiatan dari mulai pembesaran, pembibitan dan produksi.  Kesulitan yang dialami pelaku budidaya adalah, proses perawatan sejak ikan benih sampai dewasa dan mencari induk untuk menghasilkan anak. Sementara, faktor alam, seperti kualitas air yang cocok untuk mengembangkan ikan.

 

           Salah satu warga yang diwawancarai, untuk kolam dibuat ukuran 6 x 4 meter. Kolam terbuat dari pagar bambu dan kain terpal sebagai penampung, ditambah pengairan sedikit dari pipa paralon. Satu kolam dapat berisi 1000 ikan lele. Biasanya warga membuat 2-3 kolam lele. Perawatannya hanya pemberian pakan pelet 2 x sehari, yaitu pagi dan sore hari.

 

 

Berapa usia panen ikan lele?

            Ikan lele dapat dipanen kurang lebih 3 bulan sekali. Namun pada kenyataanya, 3 bulan kurang sudah diambil tengkulak untuk dijual dipasar. Budidaya ikan ini tidak perlu diantar kepasar untuk dijual. Ketika usia panen tengkulak akan mendatangi untuk mengambil lele siap jual. Biasanya harga perkilogram dihargai Rp 15.500,00- 17.000,00 perkilogram. Sedangkan tengkulak menjual dengan harga Rp 18.000,00-20.000,00 dipasar.

 

         Dalam kurun beberapa tahun ini, tingkat kosumsi ikan tawar di Desa Lingga mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. ”Hal itu terlihat, dari banyaknya rumah makan yang menjajakan ikan tawar, lele, patin, dan ikan mas.

   

          Anda  berminat....  Silahkan  datang  langsung  ke tempat  kolam pembudidayaan  ikan  air  tawar  di  Bedeng  Obak  Dusun I  Desa  Lingga  Kecamatan  Lawang  Kidul.  Untuk  info  lebih  lanjut  bisa  menghubungi  kontak  person  admin  website lingga.

 


Share :  

Gambar Lainnya