Polling

Menurut Anda, Bagaimana Pelayanan Aparatur Desa Lingga Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim saat ini ?


Hasil

Statistik Pengunjung


Pengunjung Hari ini : 224
Pengunjung Bulan ini : 672
Total Pengunjung : 9078

FOTO KEGIATAN PELATIHAN KADER KESEHATAN DAN PENDAMPINGAN KONVERGENSI PENCEGAHAN STUNTING

Tanggal : 06 Jul 2020 02:47 Wib



     

     Telah terlaksana dengan lancar acara Rembug Desa Konvergensi Stunting bertempat di Kantor PKK Desa Lingga yang dipimpin oleh Kepala Desa Lingga Bapak Hisri. Turut hadir pada kegiatan tersebut Perangkat Desa Lingga, BPD Lingga, Pendamping Kecamatan, Bidan Desa Lingga, Kader Posyandu Desa Lingga, Pengurus PKK Desa Lingga, Babinkamtibmas Desa Lingga serta Babinsa Desa Lingga.

      Pemerintah Desa Lingga Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim bekerja sama dengan tim Kesehatan Lawang Kidul, Tenaga ahli (TA), Tim pelaksana inovasi desa (TPID) kecamatan Lawang Kidul, menggelar Rembug Desa dengan tema “Pelatihan Kader Kesehatan dan Pendampingan Konvergensi Pencegah Stunting”, di Gedung PKK Desa Lingga, Senin (30/12/2019).

     Tim Kesehatan Lawang Kidul menerangkan, pihaknya bersama pemerintah Desa Lingga dalam hal ini diwakili oleh Bidan Desa, Kader Posyandu berkomitmen mengatasi permasalahan stunting melalui intervensi spesifik dan sensitif, yakni penyebab langsung dan tidak langsung masalah gizi di Desa Lingga.

 

    Stunting merupakan kondisi gagal pertumbuhan pada anak, yakni terhambatnya pertumbuhan tubuh dan otak akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama. Hal ini terjadi karena pola asuh dan pola asupan gizi yang kurang baik.

     Dalam rangka Pencegahan stunting di wilayah Desa Lingga,  Pemerintah Desa Lingga dalam hal ini Kader Posyandu telah melaksanakan beberapa hal pencegahan. Di antaranya adalah dengan memberikan tablet penambah darah pada remaja putri, dan kepada para ibu hamil  selama masa kehamilannya dan pemberian obat cacing serta makanan sehat tambahan kepada anak dan balita.

   Langkah-langkah tersebut di atas harus diimbangi dengan kesadaran masyarakat dengan melakukan pola hidup sehat. Oleh karenanya melalui kegiatan tersebut di atas, kita berharap seluruh peserta dapat ikut mensosialisasikan pencegahan stunting kepada masyarakat melalui beberapa tindakan, Ujar salah salah satu tim Dokter kesehatan Lawang Kidul.

      Tenaga ahli (TA) menjelaskan, pertemuan rembug stunting ini  bertujuan agar intervensi sensitif dan spesifik, dapat terintegrasi, terorganisir dan terpadu, untuk bersama-sama mencari kelompok prioritas stunting. Berikutnya adalah untuk meningkatkan komitmen bersama di Kecamatan Lawang Kidul dan Kabupaten Muara Enim terhadap upaya penurunan stunting.

     Terakhir kita berharap  pertemuan Rembug Desa “Pelatihan Kader Kesehatan dan Pendampingan Konvergensi Pencegah Stunting, dapat menjadi salah satu upaya dalam Pencegaha stunting di Desa Lingga dan semoga dapat menjadi sarana untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, tentang pentingnya gizi seimbang dalam mencegah stunting. 

 


Kegiatan Desa Lainnya

UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN VIRUS CORONA DI DESA LINGGA

Tanggal : 13 Jul 2020 04:27 Wib

PENYEMPROTAN RUTIN DILAKSANAKAN SETIAP HARI SABTU DAN MINGGU

PELANTIKAN BADAN PERMUSYAWARATAN DESA LINGGA PERIODE 2020-2026

Tanggal : 06 Jul 2020 03:56 Wib

PELANTIKAN BPD LINGGA KAMIS, 23-04-2020

MUSRENBANG BERSAMA KADES BARU PERIODE 2019-2025

Tanggal : 06 Jul 2020 03:27 Wib

FOTO KEGIATAN MUSRENBANG. RABU, 15-01-2020

PEMDES LINGGA & KARANG TARUNA BERSATU DALAM MEMERIAHKAN HUT RI KE 74

Tanggal : 20 Sep 2019 03:43 Wib

PERLOMBAAN 17 AGUSTUS MEMILIKI MAKNA PERSATUAN DAN KESATUAN NKRI

SEPAK BOLA CERIA MEMPERINGATI HUT RI KE 74 SE-KECAMATAN LAWANG KIDUL

Tanggal : 23 Aug 2019 06:09 Wib

HUT RI KE-74 KARANG TARUNA DESA LINGGA MENDAPATKAN JUARA 2 DALAM PERLOMBAAN SEPAK BOLA CERIA SE-KECAMATAN LAWANG KIDUL