Polling

Menurut Anda, Bagaimana Pelayanan Aparatur Desa Lingga Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim saat ini ?


Hasil

Statistik Pengunjung


Pengunjung Hari ini : 224
Pengunjung Bulan ini : 672
Total Pengunjung : 9078

PEMDES LINGGA & KARANG TARUNA BERSATU DALAM MEMERIAHKAN HUT RI KE 74

Tanggal : 20 Sep 2019 03:43 Wib



 

Makna Di setiap Perlombaan 17 Agustus :

1. Balap Karung
Dalam pelaksanaanya, lomba ini menampilkan sejumlah peserta yang diwajibkan memasukkan bagian bawah badannya ke dalam karung kemudian berlomba sampai ke garis akhir. Yang membuat menarik dari lomba ini, tak sedikit peserta yang terjatuh dalam usahanya mencapai garis finish.

Sejarah dari perlombaan ini adalah pada zaman pendudukan Jepang, penduduk Indonesia sangat miskin sampai-sampai tak sanggup untuk membeli sandang. Maka, untuk bisa berpakaian masyarakat kala itu menjadikan karung goni sebagai alternatif.

Karung goni memang sangat populer pada masa penjajahan. Karena hanya barang ini saja yang sangat mudah ditemukan dan dimiliki masyarakat Indonesia kala itu.

2. Tarik Tambang
Lomba ini menyajikan pertarungan dua regu. Peralatannya hanya menggunakan sebuah tali tambang. Di tengah-tengah terdapat pembatas berupa garis. Untuk menentukan kemenangan, salah satu regu yang berhasil menarik lawannya ke daerahnya dinyatakan sebagai pemenang.

Makna yang terkandung dalam lomba ini adalah kekompakan tim.

Lomba ini bukan sekedar adu kekuatan. Tarik tambang mengajarkan makna gotong royong, kebersamaan, dan solidaritas. Meski kelihatan simple, perlombaan yang satu ini memiliki makna yang sangat penting untuk membangun bangsa.

 

3. Makan Kerupuk
Pada zaman penjajahan, untuk menemukan makanan yang enak merupakan hal yang sangat sulit. Apalagi bagi para pejuang yang membela bangsa di medan perang. Bisa mengisi perut dengan makanan sederhana sangat disyukuri oleh para penjuang.

Bagi mereka, makan nasi dengan sebuah kerupuk menjadi hal yang sangat nikmat. Kerupuk dan nasi pun menjadi santapan favorit para pejuang. Maka dari itu, tidak heran jika setiap tanggal 17 Agustus, makan kerupuk menjadi perlombaan yang selalu dinantikan banyak orang.

Selain dapat mengingat jasa para pejuang, lomba makan kerupuk juga mengandung makna perjuangan dan semangat dengan rasa percaya diri yang tinggi.

 

4. Panjat Pinang
Bagaimana pula sejarah dari lomba panjat pinang? Mengutip dari laman Wikipedia, Panjat Pinang disebutkan perlombaan ini menjadi objek bahan tertawaan penjajah Belanda.

Panjat pinang berasal dari zaman penjajahan Belanda yang sering digelar acara besar seperti hajatan, pernikahan, dan lain-lain.

Pesertanya orang-orang pribumi yang memperebutkan 'barang mewah' waktu itu, biasanya bahan makanan seperti keju, gula, pakaian kemeja.

Ketika orang pribumi bersusah payah untuk memperebutkan hadiah, para orang-orang Belanda menonton sambil tertawa. Tata cara permainan ini belum berubah sejak dulu.

Bisa dibayangkan bagaimana kondisi rakyat Indonesia pada masa penjajahan. Sementara kebanyakan rakyat Indonesia bersusah payah untuk bisa bertahan hidup, tetapi para Penjajah Belanda justru hidup dalam kesenangan.

 

Pelajaran yang bisa diambil dengan melihat perjuangan para pahlawan diatas :
- sebagai warga NKRI jangan hanya menanyakan apa yang sudah Negara berikan untuk kita, tetapi apa yang sudah kita berikan untuk Negara itu jauh lebih bijak.

- jangan hanya bisa berkomentar harga naik, bpjs naik dll.... tanpa adanya suatu solusi yang bisa kita sumbangkan sebagai alternatif penyelesainnya.

Save the date,,, Sabtu, 31 Agustus 2019

 

 

 

 

 


Kegiatan Desa Lainnya

UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN VIRUS CORONA DI DESA LINGGA

Tanggal : 13 Jul 2020 04:27 Wib

PENYEMPROTAN RUTIN DILAKSANAKAN SETIAP HARI SABTU DAN MINGGU

PELANTIKAN BADAN PERMUSYAWARATAN DESA LINGGA PERIODE 2020-2026

Tanggal : 06 Jul 2020 03:56 Wib

PELANTIKAN BPD LINGGA KAMIS, 23-04-2020

MUSRENBANG BERSAMA KADES BARU PERIODE 2019-2025

Tanggal : 06 Jul 2020 03:27 Wib

FOTO KEGIATAN MUSRENBANG. RABU, 15-01-2020

FOTO KEGIATAN PELATIHAN KADER KESEHATAN DAN PENDAMPINGAN KONVERGENSI PENCEGAHAN STUNTING

Tanggal : 06 Jul 2020 02:47 Wib

Pelatihan Kader Kesehatan Dan Pendampingan Konvergensi Pencegahan Stunting Senin, 30-12-2019

SEPAK BOLA CERIA MEMPERINGATI HUT RI KE 74 SE-KECAMATAN LAWANG KIDUL

Tanggal : 23 Aug 2019 06:09 Wib

HUT RI KE-74 KARANG TARUNA DESA LINGGA MENDAPATKAN JUARA 2 DALAM PERLOMBAAN SEPAK BOLA CERIA SE-KECAMATAN LAWANG KIDUL