Polling

Menurut Anda, Bagaimana Pelayanan Aparatur Desa Lingga Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim saat ini ?


Hasil

Statistik Pengunjung


Pengunjung Hari ini : 24
Pengunjung Bulan ini : 89
Total Pengunjung : 1489

PERANGKAT DESA, RT, BESERTA MASYARAKAT DESA LINGGA MENGIKUTI PELATIHAN JENAZAH YANG DISELENGGARAKAN OLEH KECAMATAN LAWANG KIDUL

Tanggal : 07 Dec 2018 02:50 Wib



Pelatihan Tata Cara Pengurusan Jenazah

 

Dalam rangka mencari SDM baru yang menguasai pengurusan jenazah maka Pemerintah Kecamatan Lawang Kidul menyelenggarakan pelatihan pemulasaraan jenazah pada selasa, 04/12/2018. kegiatan ini dihadiri sekitar 50 peserta dari berbagai unsur mulai dari perangkat desa, lembaga desa seperti BPD, LPMD, Karang Taruna, RT/RW, juga perwakilan dari masyarakat sekitar.

Kegiatan ini di awali oleh sambutan perwakilan dari Kecamatan Lawang Kidul Bapak Isrun yg sekaligus membuka acara pelatihan jenazah, dilanjutkan materi yang di sampaikan oleh  kepala  KUA Kecamatan Lawang Kidul mengenai tata cara memandikan, mengkafani, dan menyolatkan, jenazah sesuai dengan kaidah agama islam.


Bapak Isrun selaku perwakilan dari Kecamatan Lawang Kidul  berharap setelah diadakan pelatihan ini peserta dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga warga masyarakat tidak kesulitan lagi mencari tenaga ahli untuk mengurusi jenazah saat ada kerabat mereka yang meninggal dunia karena telah adanya regenerasi pengurus yg memahami tata cara pemulasaraan jenazah yang benar.

 

Pelatihan ini sangat penting artinya dalam rangka pengabdian kepada masyarakat dan tugas ini tidak semua orang tahu dan mau untuk melaksanakan tugas mulia ini. Dalam pengurusan jenazah perlu adanya suatu ilmu dan tata caranya, dari persiapan hingga selesai pengurusannya sampai dengan sholat jenazah.

Sebagai nara sumber dalam kegiatan tersebut adalah Kepala KUA Kecamatan Lawang  Kidul  yang memberikan pelatihan secara detail tentang  tata cara penyelenggaraan jenazah  secara teori dan praktek sholat jenazah serta doa pengurusan jenazah dari saat menutup mata, doa menyobek kain kafan, niat memandikan mayit, niat istinja, niat shalat jenazah dan doa memasukkan jenazah ke liang kubur sebagai berikut :

  1. Yang berhak memandikan jenazah, jika laki laki maka yang berhak memandikannya harus laki laki kecuali istri atau mahramnya, jika jenazah wanita yang memandikan harus wanita kecuali suami atau mahramnya, jika suami dan istrinya mahramnya ada semua maka yang paling berhak adalah suami /istri, jika yang meninggal laki laki sementara tidak ada istri, mahram ataupun laki laki lain yang akan memandikannya maka ditayamumkan saja,begitu pula sebaliknya.
  2. Hal-hal yang dilakukan sesaat setelah meninggal : memejamkan matanya bila masih terbuka, mengikat dagu ke kepala dengan kain, meletakkan sesuatu diatas perut agar tidak mengembang, meninggikan tempat jenazah dan mengarahkan ke kiblat, menanggalkan pakaiannya yang berjahit dan menutupi seluruh tubuhnya, meletakkan tangan antara pusat dengan dada, dll.
  3. Ada empat (4) kewajiban yang dilakukan oleh orang muslim/muslimat yang berhubungan dengan jenazah yaitu: Memandikan jenazah, Mengkafani jenazah, Menshalatkan jenazah dan Menguburkan jenazah.

Kegiatan Desa Lainnya

BIMTEK OPERATOR PROFIL DESA TANGGAL 27-30 AGUSTUS 2018

Tanggal : 24 Oct 2018 05:00 Wib

BIMTEK SELURUH OPERATOR PROFIL DESA SE-KABUPATEN MUARA ENIM DI JAKARTA PUSAT SELAMAT 3 HARI

MEMPERINGATI HUT RI KE-73 TAHUN 2018 DESA LINGGA LEBIH SERU & MENARIK

Tanggal : 22 Oct 2018 05:03 Wib

HUT RI KE-73 TAHUN 2018 PEMDES LINGGA BEKERJA SAMA DENGAN ORGANISASI KEMASYARAKATAN DESA LINGGA (PMPL)

MUSDES LINGGA MEMBAHAS VERIFIKASI DATA FAKIR MISKIN TAHUN 2018

Tanggal : 18 Oct 2018 12:26 Wib

KAMIS, 18 OKTOBER 2018 MUSDES dilaksanakan bersama tim verifikasi dari kab. muara enim dan perwakilan dari kecamatan.

PELAKSANAAN KEGIATAN POSYANDU ANAK & BALITA DI DESA LINGGA

Tanggal : 10 Sep 2018 04:41 Wib

POSYANDU ANAK & BALITA DI DESA LINGGA